Recent Posts

    Mengenal Aglaonema si Ratu Daun Yang Cantik


    Aglonema adalah nama ilmiah dari tanaman hias Sri Rejeki. Aglaonema berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata "aglaos" dan "nema/nematos" yang berarti terang/mengkilap. Aglaonema merupakan tanaman hias daun yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Habitat asli tanaman ini adalah di bawah hutan hujan tropis dan dapat tumbuh dengan baik di areal dengan kelembaban yang tinggi dan intensitas penyinaran yang rendah. Di antara ciri tanaman sri rejeki adalah memiliki akar serabut dan batang yang tidak berkayu yang merupakan ciri khas tanaman dari suku talas-talasan atau araceae serta memiliki daun yang menyirip.

    Tanaman Aglaonema sangat populer dan disukai di kalangan masyarakat Indonesia selain karena perawatannya yang mudah terlebih dikarenakan keindahan bentuk, corak dan warna daunnya yang cantik memanjakan mata dan beraneka ragam jenisnya sehingga ia dijuluki sebagai "Ratu Daun". Dewasa ini berbagai macam Aglaonema hasil persilangan telah dikembangkan sehingga memiliki tampilan yang sangat menarik mulai dari bentuk, ukuran dan warna daun yang bermacam-macam.

    Aglaonema atau Sri Rejeki di luar negeri dikenal dengan nama Chinese Evergreen, tidak hanya di Indonesia tanaman hias daun ini juga populer di luar negeri seperti di Thailand, Malaysia, Myanmar, Brunei, Filipina, Vietnam, bahkan sampai dengan Jepang. Hal ini tidaklah mengherankan karena Aglonema sangat layak untuk dijadikan sebagai tanaman hias dari sisi keindahan tampilannya. Selain itu aglaonema juga merupakan tanaman hias yang sangat cocok bagi pemula, karena selain perawatannya mudah aglaonema juga dapat tumbuh dan toleran terhadap hampir di setiap kondisi ruangan baik di dalam maupun di luar rumah, bahkan ia dapat tumbuh baik di dalam ruangan kantor. Aglaonema tumbuh baik di tempat-tempat yang teduh jadi disarankan agar tidak menempatkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama.

    Jenis-Jenis Tanaman Aglaonema Yang Populer


    Karena keindahan bentuk, corak dan warna daunnya yang eksotik, aglonema menjadi primadona tanaman hias daun sudah sejak lama. Dewasa ini jenis tanaman aglaonema di seluruh dunia sangatlah banyak, tapi kali ini kita hanya akan mengulas beberapa jenis saja yang populer di Indonesia. Berikut beberapa jenis tanaman aglaonema yang populer di Indonesia :

    1. Aglaonema Bidadari


    Tanaman Aglaonema Bidadari
    Tanaman Hias Daun Aglaonema Bidadari
    Aglaonema Bidadari memiliki warna daun yang cantik, yaitu perpaduan warna kuning, merah muda dan hijau yang khas hanya dimiliki oleh jenis bidadari ini saja, sehingga pantas disebut "bidadari" karena kecantikan daunnya ini. Aglaonema Bidadari merupakan varietas aglaonema hasil persilangan (hybrid) yang aslinya berasal dari Thailand.

    2. Aglaonema Dud Anjamani


    Tanaman Aglaonema Dud Anjamani
    Tanaman Hias Daun Aglaonema Dud Anjamani
    Aglaonema Dud Anjamani juga merupakan salah satu tanaman aglaonema terkenal yang juga aslinya berasal dari negeri Thailand. Aglaonema ini memiliki banyak keistimewaan bila dibandingkan dengan jenis aglaonema lainnya, yaitu:
    • Corak warna yang kontras, perpaduan antara warna merah dan hijau yang terang membuat daun tampak cantik.
    • Bentuk daun yang membulat sehingga bila sudah tumbuh banyak ke berbagai sisi akan tampak tersusun rapi, rimbun dan cantik.
    • Batang daun berwarna hijau, oleh sebab itu jenis aglaonema ini diperbanyak dengan cara stek batang dan persentase keberhasilannya jauh lebih besar karena warna hijau pada batang membantu proses fotosintesis dan metabolisme selama tanaman belum memiliki akar.
    • Lebih tahan terhadap penyakit yang biasa menyerang tanaman aglaonema.
    • Perawatannya relatif mudah.
    • Harga tanaman aglaonema Dud Anjamani relatif murah.

    3. Aglaonema Lady Valentine


    Tanaman Aglaonema Lady Valentine
    Tanaman Hias Daun Aglaonema Lady Valentine
    Aglaonema Lady Valentine memiliki corak daun yang terlihat bergelombang dipadu warna serba pink dengan sedikit sentuhan warna hijau pada pinggiran dan tulang daun. Sangat cocok ditanam di daerah dataran rendah sampai dataran tinggi, dengan penempatan di tempat yang teduh.

    4. Aglaonema Legacy


    Tanaman Aglaonema Legacy
    Tanaman Hias Daun Aglaonema Legacy
    Aglaonema Legacy memiliki bentuk daun yang bulat tetapi meruncing pada ujungnya, daun berwarna kekuningan dan memiliki bercak-bercak berwarna hijau yang tersebar merata di seluruh permukaan daun. Batang daun yang berwarna pink dan tulang daun yang berwarna kemerahan menambah indah dan cantiknya daun Aglaonema Legacy.

    5. Aglaonema Lipstik (Siam Aurora)


    Tanaman Aglaonema Red Lipstik
    Tanaman Hias Aglaonema Lisptik
    Aglaonema Lipstik memiliki ciri warna dasar daun hijau, pada tulang dan pinggiran daun berwarna merah. Dijuluki "Lipstik" karena pada pinggiran daunnya memiliki warna merah layaknya lispstik yang dipakaikan di bibir. Banyak pecinta tanaman hias menanam dan membudidayakannya karena warna daunnya yang cantik ini.

    6. Aglaonema Moonlight


    Tanaman Aglaonema Moonlight
    Tanamah Hias Aglaonema Moonlight
    Aglaonema Moonlight termasuk jenis yang terbaik di Indonesia. Memiliki bentuk daun cenderung bulat, cekung dan tampak bergelombang dengan corak tulang daun yang tegas berwarna merah muda dan lembut terlihat mengkilap saat diterpa cahaya sehingga  pantas dijuluki "cahaya bulan" (moonlight).

    7. Aglaonema Pride of Sumatera


    Tanaman Aglaonema Pride of Sumatera
    Tanaman Hias Aglaonema Pride of Sumatera
    Aglaonema Pride of Sumatera adalah tanaman aglaonema silangan lokal pertama dan diakui dunia yang disilangkan oleh Gregori Garnadi Hambali yang merupakan Bapak Aglaonema Indonesia pada tahun 1985. Aglaonema Pride of Sumatera juga merupakan aglaonema silangan berdaun merah pertama di dunia dan pernah menjadi juara ke-2 pada kontes tanaman hias dunia yang diadakan di belanda.

    8. Aglaonema Red Kochin


    Tanaman Aglaonema Red Kochin
    Tanaman Hias Aglaonema Red Kochin
    Aglaonema Red Kochin merupakan salah satu jenis aglaonema varietas Kochin yang memiliki warna lebih merah dibandingkan dengan jenis Kochin lainnya. Ciri khasnya adalah memiliki warna yang merah menyala dengan paduan warna hijau di pinggiran daunnya dan memiliki batang daun yang panjang sehingga tampak menjuntai.

    Nah sobat Hobi Apik sekalian, demikianlah beberapa jenis tanaman aglaonema yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Apabila anda tengah mencari tanaman hias apa yang cocok untuk  di dalam maupun di luar rumah pastinya anda perlu untuk mempertimbangkan tanaman hias yang satu ini. Selain indah dan enak dilihat jenisnya juga banyak dan bervariasi, jadi anda bisa memilih jenis mana yang anda suka untuk ditanam di rumah anda.

    Belum ada Komentar untuk "Mengenal Aglaonema si Ratu Daun Yang Cantik"

    Posting Komentar

    Popular Posts

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel