Recent Posts

    Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah Untuk si Kecil

    Manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah

    Pengertian Hewan Peliharaan


    Hewan peliharaan adalah hewan yang sengaja dipelihara oleh manusia untuk dijadikan teman sehari-hari. Dalam istilah lain hewan peliharaan seringkali juga disebut dengan hewan timangan. Jika dilihat dari fungsinya hewan peliharaan berbeda dari hewan ternak ataupun hewan pekerja, walaupun sama-sama dipelihara tetapi hewan ternak dan hewan pekerja dipelihara lebih untuk kepentingan ekonomi pemiliknya, misal untuk dijual atau melakukan pekerjaan tertentu.

    Pada dasarnya hewan-hewan yang populer untuk dipelihara biasanya yang memiliki karakter setia seperti anjing, kucing atau hewan yang memiliki penampulan menarik dan lucu seperti ikan hias, kelinci, hamster, atau hewan-hewan yang memiliki kemampuan menarik seperti suara yang indah dan lain sebagainya. Walaupun sebenarnya manusia dapat memelihara hewan apapun sebagai hewan peliharaan, bahkan tidak sedikit orang yang ekstrim memelihara binatang buas sebagai hewan peliharaannya, tentu saja ini kembali kepada kepuasan dan minat masing-masing orang.

    Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah


    Memelihara kewan kesayangan di rumah merupakan hal yang menyenangkan dan dapat menghilangkan rasa kesepian. Manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah di antaranya adalah untuk mengusir rasa jenih dan kesepian. Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami rasa kesepian yang mendalam karena seringkali dita tinggal sendirian di rumah. Dalam keadaan ini terhubung dengan teman-teman di dunia maya belum tentu dapat mengusir kesepian anda. Bila anda selalu pulang ke rumah dalam keadaan lelah sementara suasana di rumah sepi karena anda tinggal sendirian, maka memiliki hewan peliharaan bisa menjadi solusi yang baik bagi anda.

    Hewan peliharaan bisa membantu anda mengusir rasa kesepian setiap kali anda pulang ke rumah, misalkan anda akan disambut oleh suara anjing sambil mengibas-ngibaskan ekornya membuntuti anda memasuki ruangan rumah, arau disambut kicauan suara burung yang merdu atau gerak lincah ikan-ikan hias di aquarium yang memanjakan dan menyegarkan mata anda. Tentu saja semua itu dapat membantu anda melepas ketegangan dan rasa lelah setelah seharian beraktifitas di luar rumah.

    Manfaat Memelihara Hewan Untuk si Kecil


    Keberadaan hewan peliharaan di rumah kita ternyata memiliki segudang manfaat, tidak hanya mengusir rasa sepi atau sebagai teman bermain ternyata memelihara hewan memberikan beberapa manfaat terutama bagi anak-anak kita. Berikut manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah untuk si kecil:

    1. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab

    Memperoleh kesempatan memiliki hewan peliharaan adalah tentang bertambahnya anggota keluarga di rumah, karena hewan peliharaan ini akan tinggal sehari-hari bersama kita di rumah. Dengan demikian kita perlu menganggapnya sebagai anggota keluarga yang perlu diperhatikan.

    Kita bertanggung jawab memberikannya makan dan minum, membersihkan kandangnya, mengajaknya bermain, sampai dengan membersihkan atau memandikannya agar senantiasa bersih dan sehat. Tentu saja dalam kesehariannya anda yang akan lebih banyak melakukan perawatan kepada hewan peliharaan di rumah, tapi secara tidak langsung anak-anak akan mulai membantu anda memberikan makan, minum dan mengajak hewan peliharaan anda bermain.

    Dengan terlibat langsung dalam perawatan hewan peliharaan sehari-hari secara perlahan akan membantu menimbulkan rasa anggung jawab untuk ikut merawat hewan peliharaan anda. Dan tanpa disadari manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah akan mulai anda rasakan.

    2. Menumbuhkan Sikap Bersosialisasi

    Kita sering menganggap keberadaan hewan peliharaan di rumah sebagai bagian dari anggota keluarga kita. Tanpa disadari hal ini akan menimbulkan rasa saling peduli, empati, perhatian dan kasih sayang antara anak-anak kita dan hewan peliharaannya. Perasaan seperti ini dapat menimbulkan ikatan yang kuat antara hewan peliharaan dengan majikannya.

    3. Melatih Membangun Rasa Percaya Diri

    Anak-anak yang sering berinteraksi dengan hewan peliharaan cenderung memiliki rasa percaya diri yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan mereka sudah terbiasa bermain bersama, saling memperhatikan dan menyayangi tak ubahnya seperti sesama anggota keluarga. Hewan peliharaan adalah teman yang mencintai kita apa adanya, sehingga tidak jarang menjadi teman yang mendengarkan curhatan kita tanpa banyak komentar.

    Obrolan anak-anak dengan teman-temannya mengenai hewan peliharaan mereka pun seringkali menjadi topik yang sangat menarik dimana anak-anak bisa menceritakan kehebatan, keistimewaan dari hewan peliharaannya kepada teman-teman mereka tanpa rasa canggung. Tanpa disadari kondisi seperti ini menumbuhkan rasa percaya diri pada anak-anak kita.

    4. Membantu Menghilangkan Kejenuhan dan Kebosanan

    Di saat-saat anak merasa kesepian dan tidak memiliki teman untuk diajak bermain, kadang memainkan gadget atau menonton film saja belum tentu dapat menghilangkan rasa jenih dan bosan yang dirasakan anak-anak di rumah. Dalam situasi seperti ini hewan peliharaan dapat dijadikan pilihan yang tepat untuk diajak bermain bersama. Bercanda dan melihat berbagai tingkah polah hewan peliharaan yang lucu dapat menjadi obat untuk menghilangkan rasa jenih dan bosan yang mereka rasakan.

    Demikian beberapa manfaat memiliki hewan peliharaan di rumah untuk si kecil yang dapat admin bagikan pada tulisan kali ini.

    So sobat blog hobiapik sekalian, apakah anda sudah memiliki hewan peliharaan di rumah...? Kalau jawabannya belum, mungkin tulisan ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi anda untuk sebelum memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan  di rumah atau tidak.

    Bagaimana pendapat anda tentang manfaat hewan peliharaan yang sudah admin uraikan di atas? Atau apakah anda mengetahui manfaat lain dari memelihara hewan peliharaan? Mari, silahkan berbagi melalui kotak komentar.

    Belum ada Komentar untuk "Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah Untuk si Kecil"

    Posting Komentar

    Popular Posts

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel